Langsung ke konten utama

Tips Memilih Jurusan Dan Universitas

Hello guys... pernah nggak sih kalian mikir kalau sebenarnya kalian itu salah jurusan? Misalnya kalian itu anak IPA tapi nggak bisa pelajaran fisika atau anak IPS yang nggak bisa pelajaran sejarah ? Kalau udah gitu pasti kalian bingung deh nanti kuliah mau lanjut kemana. Apalagi harus menghadapi berbagai ujian, entah itu ujian sekolah, ujian nasional, sampai ujian hidup sekalipun. Tapi tenang guys... sebagai anak yang sudah melewati masa – masa suram SMA, saya mau berbagi beberapa tips buat kalian yang mau lanjut ke universitas.

1. Tidak Ada Yang Namanya Salah Jurusan

Nah untuk masalah ini sih pasti banyak banget yang ngalamin, termasuk saya sendiri. Tapi sebenarnya guys, yang namanya salah jurusan itu nggak ada. Pasti ada alasan kenapa kamu milih jurusan itu nantinya, percaya deh suatu saat nanti kalian akan bersyukur. Kalau kalian punya mimpi, ya harus dikejar. Jangan hanya karena embel – embel salah jurusan terus kalian jadi nyerah dan nggak mau kerja lebih keras. Justru itu tantangannya guys, kalian akan jadi anak yang lebih tangguh nantinya.
Mungkin ini salah satu kelebihannya anak IPA sih. Walaupun kalian anak IPA tapi minat di bahasa, ayo belajar soshum dari awal. Saya juga anak IPA, tapi ambil Ilmu Komunikasi. Bisa aja tuh...



2. Sesuai Dengan Minat dan Passion
Kenapa begitu? Ya biar kalian nggak merasa kayak di penjara nantinya. Bayangin deh, kalau kalian itu sebenernya pengen kuliah hubungan internasional tapi takut nggak keterima. Terus kalian akhirnya milih pendidikan matematika cuman karena peminatnya sedikit. Bayangin aja kalian temenan sama angka – angka yang serem gitu selama 4 tahun. Kalau kebetulan jurusan yang kalian minati itu terlalu tinggi, kalian punya dua pilihan. Menurunkan target tapi yang masih sejalur atau berusaha mati – matian. You can choose.




3. Diskusi Dengan Orang Tua
Nah... ini penting banget guys. Selain yang pegang duit itu orang tua kalian, restu mereka juga menentukan. Terlebih lagi mereka sudah menang pengalaman meskipun beda generasi. Lebih baik perbanyak diskusi sama orang tua, mana jurusan yang cocok buat kalian. Ingat ya, kalian jangan egois. Kalian itu nggak cuman hidup sendiri. Tapi juga untuk orang lain di seitar. Termasuk keluargamu.



4. PTN atau PTS
Semua ada kelebih dan kekurangan masing – masing. Kalau menurut saya, PTN (Perguruan Tinggi Negeri) itu biayanya sedikit lebih ringan, kecuali mandiri sih ya. Dan juga lebih umum di kalangan masyarakat, terus ada juga beasiswa bidikmisi bagi yang tidak mampu. Kalau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) lebih baik kalian ngambil yang bener – bener TOP. Kalau enggak percuma guys, udah mahal, nggak menjamin lagi. Kalau pengalaman saya dulu sih ya, saya survey di internet. Mulai dari laman pertama sampai habis. Buka satu – satu web mulai dari yang resmi sampai punyanya blogger. Browsing apa aja sih SKS-nya, kisaran tugas – tugas, dll. Pokoknya berusaha buat bikin kita sendiri percaya kalau universitas itu bener – bener cocok buat kita.



5. Beasiswa
Kalian jangan takut dengan biaya kuliah. Ada banyak banget beasiswa yang ditawarkan. Mulai dari bidikmisi, dari perusahaan, beasiswa unggulan, dsb. Itu buat yang sudah masuk kuliah. Tapi kalian juga bisa lho daftar kuliah lewat jalur beasiswa. Kalau pengalaman saya sih, saya keterima di President University jurusan Hubungan Internasional dan dapat beasiswa ke 3. Nah karena target saya adalah beasiswa ke 1 atau 2, jadi tidak saya ambil dan memilih Telkom University. Saya sekarang juga masih proses pengajuan beasiswa unggulan mahasiswa berprestasi dari kemendikbud. (Doakan lolos ya guys. Hehe..)



6. Persiapan Matang
Waduh ini mah penting pakek banget. Jangan sampe nyesel kalau kalian nggak ketrima di universitas yang kalian pilih karena kurang persiapan. Jadi sebenarnya ada dua pilihan. Yang pertama adalah belajar lebih awal atau yang kedua adalah mendapat sekolah lebih awal. Maksudnya bagaimana ? Ya kalau kalian udah nggak pengen pusing belajar, kalian cari sekolah yang masuknya gampang. Kalau saya sih kebetulan masuk Tel-U lewat UTG 1 dan ternyata soalnya itu nggak susah, tapi rumornya sih tes jalur selanjutnya makin susah. Jadi, jangan santai di awal tapi ribet di akhir. Ada tujuan ada pengorbanan guys.



7. Berdoa, Ikhtiar, Tawakal. 
Sebagai masyarakat beragama, ini pastinya salah satu hal yang paling penting. Disamping berusaha dengan keras, semua harus kita percayakan pada Tuhan. Karena segala sesuatu itu berdasarkn kuasa-Nya. Semakin dekat kita pada Tuhan, semakin dekat jalan kita pada tujuan.


So... itu dulu ya guys tipsnya. Semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa SMA Banyak Tugas ?

Hai para pengunjung...  krik krik  Hari ini saya akan membahas mengenai apa yang saya alami d SMA dan mungkn teman - teman di luar sana juga mengalami. Atau mungkin bertanya - tanya seperti saya. Saya sekarang masih kelas 10 di SMA N 1 Trenggalek. Perjuangan masuk di SMA N 1 Trenggalek lumayan berat tapi beruntung bisa masuk lewat jalur Olimpiade. Entah keajaiban apa saya bisa masuk 15 besar dari ratusan pendaftar. Mungkin karena membaca Yasin setiap hari dan tentunya belajar dong ya... Katanya sih, SMA itu asik, berkesan, dan tentunya sangat berbeda dengan SMP. Memang saya mulai merasakan dari teman. Teman - teman di SMA itu asik asik arena udah gede kali ya, pikiran juga udah nyambung dan lebih mandiri. Kalau ada kegiatan apa gitu pasti ada yang mengkoordinir, nggak kayak SMP yang kalang kabut. Dan di SMA juga saya merasakan jadi pemenang, Karena di SMP sebelumnya kelas saya tidak pernah mendapat juara di classmeeting atau yang lainnya. Dan senangnya saya ikut berpartisipa

LDBI 2016

Aduh kangen banget sama nih blog. Harus terpaksa vakum nulis, ikut event cerpen sampai rela membiarkan blog ini terbengkalai. Kalian tau kenapa ? Karena suatu hal yang fantastis dan tidak terlupakan, Pengalaman dimana hampir semua keinginan saya tercapai tapi... eh kesandung. BTW apa itu ? Yupp sesuai judulnya saya ikut LDBI ( Lomba Debat Bahasa Indonesia ) 2016 di Palu sebagai wakil dari tim Jawa Timur. Dan pada postingan kali ini saya akan menceritakan apa saja yang terjadi di sana, mulai dari keseruan bareng anak - anaknya, nangis di prelim ke 3 waktu lawan Aceh, Ketemu kak LO SMANSA Palu yang cantik dan LO cowo yang ramah, sampai telat nyadar kalau ada youtuber di sana. Pokoknya postingan ini akan jadi puuanjaaanng.  Mulai dari mana ya ?? Oke ! Mulai ! Jadi, seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya kalau saya adalah anak speech dan baru saja pindah haluan ke debate. Jadi hari senin, 1 agustus 2016 saya mulai menjalani training debate bareng junior kelas 10.

FIRST LOVE ( SUGA BTS )

First Love #Suga Fanfiction# Nae gieogui guseok Han kyone jaribaneun galsaek piano Eoril jok jip anui guseok Han kyone jarijabeun galsek piano The corner of my memory A brown piano settled on one side In the corner of my childhood hoouse A brown piano settled on one side ~Suga BTS : First Love~ Kesuksesan boyband Bangtan Sonyeondan a.k.a BTS sudah tidak perlu diragukan lagi, penggemar mereka tidak hanya dari Korea saja, melainkan juga dari berbagai negara di luar sana. Apalagi mereka juga baru saja melakukan comeback-nya dan sebentar lagi BTS akan melakukan tour untuk promosi album sekaligus menghibur Army yang sudah menunggu di luar sana. ‘Lagu itu sangat menyetuh sekali, aku seakan tahu apa yang ia rasakan’ ~@princess09~ ‘Dengarkan desahan nafasnya yang begitu sexy, oh Tuhan... ‘ ~@suga’swife~ ‘Aku penasaran siapa fisrt love nya’ ~@istrisugadariindonesia~  ‘Aku pikir dia akan bernyanyi di lagu ini, ternyata dia tetap istiqomah dengan rap-ny