Langsung ke konten utama

Mulai menulis sekarang yuk, kawan !

Hi pengunjung...
Krik... krik... krik... 


Terima kasih untuk pengunjung ke 157.. prok prok prok. Ini memang bukan hal menakjubkan untuk parra blogger yang lain tapi ini wow untuk aku. Blog ini dibuat sekitar kurang dari setahun lalu ketika kelas 9 SMP. Dan sekarang seperti yang tertera di atas saya di kelas 10. 

Dalam edisi blog hari ini, saya akan bercerita tentang pengalaman pertama saya saat suka menulis dan bagaimana saya bisa membuat blog, mulai ikut lomba cerpen, sampai naskah saya dibukukan dalam kumpulan cerpen. Dan itu semua dulunya cuma dalam mimpi saya, tapi sekarang tidak lagi. Saya sudah melakukan dan mencapai sedikit yang saya inginkan pada jaman bahula kala :v.

Saya suka menulis sejak kelas 1 SD. Waktu itu ibu saya ngasih buku tulis sebagai diary. Ibu saya bilang kalau saya bisa menuliskan semua kejadian yang saya alami seharian di buku itu. Waktu itu memang saya masih baru bisa menulis dan membaca dengan lancar jadi belum tau apa - apa tentang diary bahkan tulis menulis. Hingga suatu hari, di sekolah saya ada suntik cacar. Saya pengen menuliskan perasaan dan apa yang saya rasakan waktu kejadian itu. Tapi saya masih belum tau cara menuliskannya di dalam tulisan. Lalu saya tanya apa boleh kalau saya menambahkan kata " AAAA " sebagai tanda kalau saya berteriak dalam kejadian itu ? Dan ayah saya menjawab boleh.

Mulai saat itu saya sudah bisa menambahkan dialog sedikit - demi sedikit dalam diary saya hingga lama - kelamaan menjadi sebuah cerita yang bercampur dengan imajinasi saya. Waktu di kelas 1 SD, kami sekelas disuruh untuk membuat cerita. Teman - teman semua banyak yang bercerita dengan judul yang membosankan seperti Liburan ke rumah nenek, Liburan ke pantai, Liburan ke kebun binatang, dan lain - lain. Tapi saya membuat cerita yang berjudul " Dimas Jatuh ". Jika teman - teman saya menulis hanya setengah lembar, satu lembar, saya menulis sebanyak 2 lembar penuh. Padahal saya waktu itu masih kelas 1 SD. Saya ingat sekali itu.  Sampai di rumah saya menunjukkan tulisan saya kepada ayah dan ibu saya dan itu membuat mereka takjub dan senang.

Saya dulu pernah membunyai binder bergambar. Saya sering membuat cerita tentang apa yang tergambar di sana. Kartun - kartun mickeymouse, naruto, barbie, tentunya dengan tulisan tangan yang masih terbilang jelek. 

Waktu kelas 3 SD, ayah saya pernah mengirimkan salah satu cerita paling pendek saya ke website kumpulan cerita anak judulnya Liburan yang Tertunda. Itu berdasakan pengalaman saya. Saya waktu itu ya cuma iya aja, Karena tidak tahu apa - apa. Hingga ada sebuah kejadian saya dimarahi oleh ibu saya. Kemudian saya menulis kejadian itu dalam bentuk puisi, Isinya tentang perasaan saya ketika dimarahi ibu saya. Karena habis menangis, lalu saya tertidur dan meletakkan kertas di atas bantal begitu saja. Ternyata diam - diam ayah saya mengambil lalu mengirim lagi ke website lain. Saya baru menemukan kalau puisi saya dikirm oleh ayah saya ketika kelas 9 SMP. Karena ayah saya tidak pernah bilang pada saya. Hingga kelas 6 bagian belakang buku tulis saya kasih puisi, kadang cerita. Sampai teman - teman saya hafal kalau saya mojok atau menyendiri sambil bawa buku dan pulen, pasti saya lagi buat puisi atau kalau enggak cerpen. 

Kelas 6 SD, ibu saya berlangganan majalah ummi, kebetulan ada halaman khusus untuk anak. Dan disana ada tulisanya siapapun boleh mengirimkan karyanya dan memperoleh hadiah menarik. Iseng - iseng ibu menyuruh saya mengirimkan 3 dari karya saya yang sebelumnya hanya saya tumpuk saja. Ternyata, ketika saya kelas 6 SD semester 2, waktu itu sedang perjalanan les ibu menelfon katanya ada bingkisan dari redaksi. Senengnya bukan main. Itu pengalaman pertama dan sekaligus pencapaian pertama karya saya dimuat dalam majalah. Bulan berikutnya, ketika majalah itu datang, saya langsung melihat puisi mana yang dimuat. Ternyata judulnya " Kenangan Terindah " Mungkin yang berlangganan majalah ummi pernah membacanya juga ( hehe ).

Kelas 1 SMP, 2 SMP saya masih setengah vakum menulis. Hanya sesempatnya di laptop. Tetapi akhir kelas 2 SMP, saya mulai menemukan website yang mem-publish kumpulan cerpen. Cerpenmu.com, saya mengirimkan cerpen saya yang berjudul zig-zag. Tapi lamaaaaa saya menunggu tidak muncul juga. Jadi, saya mengirim ke gudang puisi.com dan alhamdulillah sering dipublish. Saya rasa semua puisi yang dikirim dipublish deh. Tapi ah sudahlah... Hingga sekarang, sekitar 15 lebih puisi saya di gudang pusi.com dan ada yang ngepost ulang puisi saya di blog pribadi mereka. Rasanya seneng ada yang respect dengan karya saya. 

Waktu kelas 9 SMP. Saya iseng cek lagi ke cerpenmu.com. Ternyata cerpen saya baru dimuat 1 tahun berikutnya. Oh My God... sampai berlumut menunggu tapi akhirnya di-publish juga. Setelah UN SMP, selama 2 bulan lebih tidak ada kegiatan KBM. Karena sudah diterima di SMA, jadinya bingung mau apa. Iseng mencari info lomba online di facebook. Ternyata saya sempat tertarik dengan 2 lomba. Lomba itu bertema musik yang diadakan oleh Infinite Publisher dan yang ke dua event tema kerinduan yang diadakan oleh Penerbit Bintang Pelangi.  

Oke, saya mengikuti keduanya. Sebenarnya saya tidak membuat cerpen itu ketika tau ada lomba tersebut. Tapi saya mengambil dari tumpukan file cerpen saya yang menumpuk di laptop. Tinggal merubah sebagian agar sesuai dengan tema. 

Event pertama yaitu event musik. Saya hampir tidak sempat mengirimnya, karena terlalu santai dan ternyata paket data habis. Terpaksa hari minggu saya suruh mengantar ke perpustakaan untuk wi-fi gratis. Baru setelah itu beli paket data. ( rada aneh sih ). Eh ternyata waktu pengumuman satu bulan berikutnya, saya berhasil menjadi kontributor 42 besar. Dimuat dalam buku pertama berjudul " SO, Please " Itu pencapaian kedua saya dan cerpen saya akan diterbitkan ke dalam buku kumpulan cerpen bersama sederet nama penulis entah yang amatiran seperti saya atau yang  sudah melalang buana sudah lama. Yang penting nama saya ada. 

Event kedua tema kerinduan. Saya juga hampir nggak ngirim karena waktu itu liburan di Pati Jawa Tengah. Di bagian desa dan sinyal susah. Udah bingung sampai malam akhirnya bisa juga. Itu hari terakhir lo, ( dasar putri sukanya mepet deadline). Tapi ternyata, masuk kontributor 32 besar juga.Judul bukunya " Ruang Rindu " Wihhh senangnya. Bakalan ada dua buku yang tercantum nama saya di sana. 

Jadi sekarang intinya adalah, kalau kalian memang suka menulis mulai aja, jangan nunggu lebih lama lagi. Mumpung masih sempat. Dulu saya ingin punya blog, ingin memperlihatkan ini lo karya ku, ingin punya buku, ingin kenal dengan penulis lain. Dan sekarang, alhamdulillah cerpen saya nampang di 2 kumcer. Itu mungkin tidak terlalu fantastic untuk yang sudah jago nulis, Tapi ini saya masih amatiran. Ikut lomba aja pernah kalah juga. Tapi saya tetap percaya kalau suatu saat nanti saya bisa punya buku ciptaan saya sendiri, dan memperbanyak pengalaman.

Target saya kali ini adalah lolos seleksi kampus fiksi yang diadakan oleh penerbit divapress dan baru setelah saya mendapat bimbingan menulis novel, dan sekiranya memperoleh ilmu yang cukup banyak untuk membuat novel, saya akan buat. Tapi kalau sekarang, sepertinya untuk novel masih belum. Kurang banyak pengalaman. Kalian yang ada di sana, khususnya yang suka menulis, ayo jangan tumpuk cerita kalian hanya di laptop tanpa ada yang tahu. Buat blog, atau ikut lomba biar orang tahu kalau kamu sebenarnya punya karya yang bagus dan layak dibaca orang lain. Percaya sama kemampuan kalian sendiri. Oke !!

Sampai jumpa :) 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa SMA Banyak Tugas ?

Hai para pengunjung...  krik krik  Hari ini saya akan membahas mengenai apa yang saya alami d SMA dan mungkn teman - teman di luar sana juga mengalami. Atau mungkin bertanya - tanya seperti saya. Saya sekarang masih kelas 10 di SMA N 1 Trenggalek. Perjuangan masuk di SMA N 1 Trenggalek lumayan berat tapi beruntung bisa masuk lewat jalur Olimpiade. Entah keajaiban apa saya bisa masuk 15 besar dari ratusan pendaftar. Mungkin karena membaca Yasin setiap hari dan tentunya belajar dong ya... Katanya sih, SMA itu asik, berkesan, dan tentunya sangat berbeda dengan SMP. Memang saya mulai merasakan dari teman. Teman - teman di SMA itu asik asik arena udah gede kali ya, pikiran juga udah nyambung dan lebih mandiri. Kalau ada kegiatan apa gitu pasti ada yang mengkoordinir, nggak kayak SMP yang kalang kabut. Dan di SMA juga saya merasakan jadi pemenang, Karena di SMP sebelumnya kelas saya tidak pernah mendapat juara di classmeeting atau yang lainnya. Dan senangnya saya ikut berpartisipa

FIRST LOVE ( SUGA BTS )

First Love #Suga Fanfiction# Nae gieogui guseok Han kyone jaribaneun galsaek piano Eoril jok jip anui guseok Han kyone jarijabeun galsek piano The corner of my memory A brown piano settled on one side In the corner of my childhood hoouse A brown piano settled on one side ~Suga BTS : First Love~ Kesuksesan boyband Bangtan Sonyeondan a.k.a BTS sudah tidak perlu diragukan lagi, penggemar mereka tidak hanya dari Korea saja, melainkan juga dari berbagai negara di luar sana. Apalagi mereka juga baru saja melakukan comeback-nya dan sebentar lagi BTS akan melakukan tour untuk promosi album sekaligus menghibur Army yang sudah menunggu di luar sana. ‘Lagu itu sangat menyetuh sekali, aku seakan tahu apa yang ia rasakan’ ~@princess09~ ‘Dengarkan desahan nafasnya yang begitu sexy, oh Tuhan... ‘ ~@suga’swife~ ‘Aku penasaran siapa fisrt love nya’ ~@istrisugadariindonesia~  ‘Aku pikir dia akan bernyanyi di lagu ini, ternyata dia tetap istiqomah dengan rap-ny

LO Amatiran di Debate Competition

Hai pengunjung... krik..krik.. Akhirnya bisa kembali ngeblog lagi. Setelah vakum lebih dari 2 minggu persiapan sekaligus UKK. Dan yang menyakitkan lagi ketika lihat daftar statistik pengunjungnya semakin menurun. Hiks... tapi nggak papa suetelh ini pasti banyak lagi.  Jadi hari jumat tanggal 20 lalu ada debate competition di kabupaten. Acara itu buat memperingati 100 hari bupati Trenggalek ( Pak Emil ) menjabat sebagai bupati. Nah, kan banyak kegiatan yang diadakan ada pesta rakyat, pensi, letto band, lampion, marcing band, dan entah apalah apalah itu lainnya. Parahh kegiatannya pas SMA lagi UKK. Kok jadi ngomongin itu ya, kan mau nyeritain pengalaman jadi LO ( Liaison officer ). Malah nggak cocok sama judulnya.  Oke lets start right now ! Saya ini kan tergabung sebagai speech candidate di sekolah saya, sebenarnya sih disuruh pindah haluan ke debate tapi nanggung udah sampai sini mau belajar debate takut udah telat. Lagian debate juga susah sih !  Ada 25 sekolah