Langsung ke konten utama

SMA Santai atau Stres

        Seneng banget rasanya bisa ngeblog lagi. Ini pun juga nyuri - nyri waktu di sela - sela ujian yang banyaknya minta ampun. Entah itu yang Try Out, Ujian praktik, UASBK, UNBK dan apalah itu yang lain. Pastinya udah bisa ketebak dong itu kesibukannya siapa ? Ya siapa lagi kalau bukan anak klas 3 SMA. Saat dimana kita dituntut untuk menentukan jalan yang akan ditempuh setelah lulus. Mau kuliah atau kerja. Mau lanjut atau istirahat dulu. Semua serba ribet dan lumayan memusingkan. 

Dulu saya pernah ngepost tentang susahnya SMA padahal saya masih kelas 10 waktu itu. Padahal kalau dibandingin sama sekarang sih ah elah kecil. Dan ternyata setelah kelas 11 semua jadi biasa aja rasanya. Lebih santai malah. Entah itu karena sudah sering dapet tugas dan ulangan atau emang tugasnnya nggak terlalu banyak. Kelas 12 semester 1 sih B aja, sama kayak kelas sebelumnya. Nah... waktu semester 2 baru THIS IS THE REAL WAR !!
         
Kenapa ? padahal nilai juga udah nggak kepakek.

Bukan. Buk masalah nilai buat rapor. Itu mah masa bodo nggak peduli. Tapi guys, yang datang adalah penyesalan. KENAPA SAYA MASUK IPA !!!!

Anak ipa yang nggak bisa Fisika-Kimia ya saya ini. UN milih Biologi, padahal ya nggak pinter – pinter amat di biologi. Ibaratnya, pelarian lah. Padahal ibu saya guru Kimia tapi nilai ulangan harian maksimal dapat 75. Maksimal itu udahan. Nggak bisa dinaikin lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk kabur. Kabur kemana ? Ya ke IPS lah... SNMPTN ngambil jurusan anak IPS. SBMPTN ikut soshum. Mantap !! Soalnya saya itu kalau liat rumus fisika jadi mendadak pusing, liat reaksi kimia mendadak alergi, kalau liat trigonometri rasanya pengen nangis. Siapa yang kayak gini juga ?


Nah gini nih penderitaan anak SMA.

 Di sini, kalian dihadapkan dengan pilihan yang sulit.
a.      Mimpi
b.     Kemampuan

Tinggal kalian ingin memilih salah satu atau keduanya. Lah gimana cara dapat keduanya ? ya tentunya meningkatkan kemampuan untuk meraih mimpi itu. Kalian siap tidak ? Tentunya jalannya nggak akan mulus.

Lagi – lagi kalian akan dihadapkan dengan pilihan selanjutnya.
a.      Berjuang dengan santai
b.     Berjuang sampai stress.

Ya kalau saya sih milih option a. Ya kayak gini nih contohnya.
                                               
1.      Waktu untuk menyelesaikan materi semester 2 hanya 2 bulan Januari – Februari.
Nggak usah bingung atau takut buat ngelewatin tantangan ini. Yang ngelakuin itu bukan cuma kalian aja kok. Teman sekelas kalian, teman satu sekolah, teman se indonesia, mereka juga ngalami hal yang sama. Lagi pula, materi juga udah disusun sedemikian rupa supaya pas.

2.      Februari tahun ini cuman 28 itu pun belum selesai udah ada Try Out UN.
Hello.. emang kalau nggak ada Try Out kalian mau belajar ? ini pun ada try out masih banyak yang belum mau belajar ? Atau kalau mau mikir santai, ya anggap aja kalian main ke sekolah, duduk di depan komputer, terus ngerjain sebisanya dulu. Kayak main game, makin lama kemampuannya ditingkatkan biar bisa lanjut ke level selanjutnya. Jadi jangan dibikin pusing, tapi kalau nggak dipikirin sama sekali ya nggak baik juga sih. Tinggal gimana kita mikirnya. Level SMA atau SD. Kalau SMA sih belajar buat dapet nilai bagus. Kalau level SD sih dapet nilai jelek ditinggal main layangan.

3.      Nyesel kenapa nggak belajar SBMPTN dari kelas 1.
Penyesalan seperti ini hampir dialami oleh seluruh siswa kelas 3 termasuk saya sampai saya harus ngambil lintas minat. Terus terang soal SBMPTN itu kayak singa. Ganas. Tapi kalau udah sering dilatih jadi jinak. Walaupun begitu, masih ada kesempatan buat belajar kok, tenang aja. Nyesel boleh, tapi jangan sampek stress terus minum obat nyamuk. Ya semua dijalanin aja, belajar pelan – pelan tapi nempel.

4.      Try out tiap minggu. Jadi, dijamin nggak ada hari minggu buat kalian. Kalaupun ada, senin-nya ada ujian juga.
Emang sih, habis try out kepala jadi pusing, tapi kan habis itu bisa langsung beli ice cream terus tidur atau kalau enggak ya nontonin oppa buat refreshing. Jadi, usahain hari minggu kalian nggak kehapus gitu aja sama try out. Lagian try out juga nggak lama.

5.     Kalau kalian niat mau masuk ke kedinasan misalnya STAN, kalian akan belajar mati – matian sambil ngebayangin runtutan tes yang panjang dan tidak menjanjikan.
Ya gimana dong, tesnya sempurnya tapi nggak mampu lari, ya percuma. So, kalau emang mau nyoba kedinasan, persiapannya jangan setengah – setengah biar hasilnya juga nggak setengah – setengah. Awalnya jalan, besoknya jalan agak cepet, besoknya lagi lari, besokya lagi terbang.

6.     Pikiran tentang nanti kalau kuliah terus lulus aku mau kerja gimana? Katanya banyak sarjana yang nganggur. Emang. Itu bener. Tapi emang kalian mau percaya gitu aja? Pasti ada penyebab kenapa mereka nggak kerja. Nah makanya, banyakin research sampek si google bilang “Udah sana balik lu ke habitat!”

7.      Kalian bakal dihadapkan dengan pilihan universitas yang bikin pusing.
Bisa aja kalian pengen masuk jurusan Kedokteran tapi kayaknya mustahil soalnya nilai kalian kurang. Kalian pengen jadi pilot, tapi orang tua kalian pengen kalian jadi tentara. Kalian pengen masuk jurusan favorite tapi takut saingan banyak.  Kalau kayak gini, kalian perlu merenung. Banyakin diskusi sama orang tua, banyakin research sedetail – detailnya. Kalau yang muslim wajib sholat istiqarah. Dan yang penting percaya sama Tuhan kalau apapun pilihan kita, itu semua petunnjuk-Nya, apapun yang terjadi nanti, itu sudah yang terbaik dari kehendak-Nya.


Jadi guys, pada intinya semua hal bisa dibuat santai. Kalau udah santai, maka hati rasanya kayak nggak ada beban, pikiran jadi enteng, hasilnya jadi lebih baik. Kalau masih belum bisa santai, coba deh mendekat sama Tuhan.

Pasti kalian punya pertanyaan kenapa kok saya menjalani ini semua dengan santai ? kenapa kok saya menyarankan kalian untuk hidup santai. Itu karena saya sudah merasakan bagaimana depresi dan stress waktu awal – awal. Mungkin akan saya post di kesempatan selanjutnya.

Sampai sini postingan saya kali ini. Lain kali saya mau mengajak kalian ke bagian dari dunia saya yang lain.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa SMA Banyak Tugas ?

Hai para pengunjung...  krik krik  Hari ini saya akan membahas mengenai apa yang saya alami d SMA dan mungkn teman - teman di luar sana juga mengalami. Atau mungkin bertanya - tanya seperti saya. Saya sekarang masih kelas 10 di SMA N 1 Trenggalek. Perjuangan masuk di SMA N 1 Trenggalek lumayan berat tapi beruntung bisa masuk lewat jalur Olimpiade. Entah keajaiban apa saya bisa masuk 15 besar dari ratusan pendaftar. Mungkin karena membaca Yasin setiap hari dan tentunya belajar dong ya... Katanya sih, SMA itu asik, berkesan, dan tentunya sangat berbeda dengan SMP. Memang saya mulai merasakan dari teman. Teman - teman di SMA itu asik asik arena udah gede kali ya, pikiran juga udah nyambung dan lebih mandiri. Kalau ada kegiatan apa gitu pasti ada yang mengkoordinir, nggak kayak SMP yang kalang kabut. Dan di SMA juga saya merasakan jadi pemenang, Karena di SMP sebelumnya kelas saya tidak pernah mendapat juara di classmeeting atau yang lainnya. Dan senangnya saya ikut berpartisipa

LDBI 2016

Aduh kangen banget sama nih blog. Harus terpaksa vakum nulis, ikut event cerpen sampai rela membiarkan blog ini terbengkalai. Kalian tau kenapa ? Karena suatu hal yang fantastis dan tidak terlupakan, Pengalaman dimana hampir semua keinginan saya tercapai tapi... eh kesandung. BTW apa itu ? Yupp sesuai judulnya saya ikut LDBI ( Lomba Debat Bahasa Indonesia ) 2016 di Palu sebagai wakil dari tim Jawa Timur. Dan pada postingan kali ini saya akan menceritakan apa saja yang terjadi di sana, mulai dari keseruan bareng anak - anaknya, nangis di prelim ke 3 waktu lawan Aceh, Ketemu kak LO SMANSA Palu yang cantik dan LO cowo yang ramah, sampai telat nyadar kalau ada youtuber di sana. Pokoknya postingan ini akan jadi puuanjaaanng.  Mulai dari mana ya ?? Oke ! Mulai ! Jadi, seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya kalau saya adalah anak speech dan baru saja pindah haluan ke debate. Jadi hari senin, 1 agustus 2016 saya mulai menjalani training debate bareng junior kelas 10.

FIRST LOVE ( SUGA BTS )

First Love #Suga Fanfiction# Nae gieogui guseok Han kyone jaribaneun galsaek piano Eoril jok jip anui guseok Han kyone jarijabeun galsek piano The corner of my memory A brown piano settled on one side In the corner of my childhood hoouse A brown piano settled on one side ~Suga BTS : First Love~ Kesuksesan boyband Bangtan Sonyeondan a.k.a BTS sudah tidak perlu diragukan lagi, penggemar mereka tidak hanya dari Korea saja, melainkan juga dari berbagai negara di luar sana. Apalagi mereka juga baru saja melakukan comeback-nya dan sebentar lagi BTS akan melakukan tour untuk promosi album sekaligus menghibur Army yang sudah menunggu di luar sana. ‘Lagu itu sangat menyetuh sekali, aku seakan tahu apa yang ia rasakan’ ~@princess09~ ‘Dengarkan desahan nafasnya yang begitu sexy, oh Tuhan... ‘ ~@suga’swife~ ‘Aku penasaran siapa fisrt love nya’ ~@istrisugadariindonesia~  ‘Aku pikir dia akan bernyanyi di lagu ini, ternyata dia tetap istiqomah dengan rap-ny